Cara update iOS iPod Touch, iPhone dan iPad secara online & offline

Perbarui perangkat lunak iOS di iPhone, iPad, dan iPod touch

Sebenarnya cara ini sama persis dengan cara update/restore pada Apple TV namun saya post yang ini mungkin masih ada teman teman yang masih membutuhkan tutorialnya

Pembaruan perangkat lunak iOS memperkenalkan fitur baru yang membuat Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan iPhone, iPad, atau iPod touch. Pastikan Anda selalu memperbarui perangkat Anda agar tidak melewatkan fitur-fitur terbaru.
Sebelum memperbarui

Cadangkan perangkat Anda ke iCloud atau iTunes.
Jika Anda menggunakan Hotspot Pribadi perangkat untuk koneksi Internet komputer, perbarui perangkat secara nirkabel atau hubungkan komputer ke jaringan lain.

Memperbarui perangkat secara nirkabel
Cara paling mudah untuk memperbarui perangkat adalah secara nirkabel, juga disebut “melalui udara”. Berikut caranya:

  1. Colokkan perangkat ke sumber daya.
  2. Ketuk Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.
    Perbarui perangkat lunak iOS di iPhone
    Layar Pembaruan Perangkat Lunak di iOS
  3. Ketuk Unduh dan Instal. Pembaruan mungkin akan diunduh secara otomatis saat perangkat terhubung ke Wi-Fi dan sumber listrik.
    Perbarui perangkat lunak iOS di iPhone
  4. Ketuk Instal, atau ketuk Nanti untuk menginstal pembaruan nanti. Jika Anda menggunakan kode sandi, Anda perlu memasukkannya sebelum menginstal pembaruan.

Instal atau nanti
Jika Anda memiliki ruang kosong, tetapi tidak cukup untuk memperbarui melalui wifi, Anda dapat memperbarui menggunakan iTunes atau menghapus konten secara manual dari perangkat. Apakah Anda menggunakan iTunes atau memperbarui melalui udara, Anda akan memiliki jumlah ruang kosong yang sama di perangkat setelah diperbarui.
Beberapa pembaruan perangkat lunak iOS tidak tersedia sebagai pembaruan secara nirkabel. Koneksi VPN atau proksi mungkin membuat perangkat tidak dapat menghubungi server pembaruan iOS.

Memperbarui perangkat menggunakan iTunes
Jika Anda tidak dapat memperbarui secara nirkabel, atau jika Anda ingin memperbarui dengan iTunes, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Menginstal iTunes versi terbaru di komputer.
  2. Hubungkan perangkat dengan komputer.
  3. Di iTunes, pilih perangkat.
  4. Di panel Ringkasan, klik Periksa Pembaruan.
    Memperbarui perangkat menggunakan iTunes
  5. Klik Unduh dan Perbarui.
Jika Anda tidak memiliki ruang kosong cukup untuk memperbarui menggunakan iTunes, Anda perlumenghapus konten secara manual dari perangkat.
Cari tahu apa yang harus dilakukan jika Anda mendapatkan pesan kesalahan lain saat memperbarui perangkat.

Jika anda ingin melakukan update/restore secara offline anda tinggal klik shift + update/restore dengan cara anda harus mendownload dulu file iOS firmware yang ber ekstensi ipws, silahkan anda cari di menu untuk mendownload file ipws melalui blog ini.
dan yang belum punya iTunes silahkan cek  untuk mendownload